Langsung ke konten utama

pulau onrust

waktu temen2 w bisik2 tetangga dan w gag diajak huh :(
w dngerin ja sekilas mereka ngomongn maria van de velde gitu terus kata2 spoky gtu otomatis w pnasaran donk.
saat iseng w cari cerita tentang maria van de velde ternyata cerita ??/ gag tau dibilang seram bisa,tapi dbilng kren jga bsa


Di kepulauan Seribu Jakarta ternyata enggak cuma ada obyek wisata pantai dengan keindahan lautnya. Tapi di kawasan ini ada juga sebuah pulau yang menyimpan perjalanan sejarah awal penj
ajah Belanda saat masuk ke Batavia.
Pulau tersebut namanya Pulau Onrust, dari jauh kelihatan beberapa bangunan tua yang hampir rusak. Kalau mau menuju pulau ini bisa melalui Muara Kamal, Muara Angke dan Pantai Marina Ancol dengan transportasi laut yang jaraknya kurang lebih 14 Km selama dua puluh menit.

Akhir-akhir ini, Pulau Onrust banyak dikunjungi sama siswa sekolah untuk kegiatan study tour. Kadang sering juga Pemerintah DKI Jakarta mengadakan berbagai lomba yang temanya sekitar sejarah pulau dan pelestarian lingkungan. Pulau Onrust sendiri dilindungi sama pemerintah karena banyak menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan dijadikan lokasi pulau cagar budaya.

Dulunya Pulau Onrust adalah pulau yang sangat sibuk sebagai tempat mampir kapal yang mau diperbaiki. Makannya pulau tersebut dinamakan Onrust (’unrest’ dalam bahasa Inggris) karena diambil Bahasa Belanda yang artinya ’Gak Pernah Istirahat’. Dan sebagian warga Kepulauan Seribu menyebutnya "Pulau Kapal".

Kalau mau tahu sejarahnya pulau ini, ada sebuah bangunan besar yang menyimpan catatan sejarah Pulau Onrust namanya Museum Onrust. Di museum ini mencatat berbagai perkembangan pulau dari waktu ke waktu, peristiwa Pulau Onrust diserang oleh Inggris tahun 1803-1810 sampai pulau ini hancur berantakan sampai akhirnya Belanda membangun kembali dan menjadi pangkalan angkatan laut di tahun 1848 dicatat oleh museum ini.
Pulau Onrust sempat mengalami hancur lebur sewaktu peristiwa letusan gunung Krakatau tahun 1883, karena dihantam gelombang laut yang dahsyat dan sempat tidak berfungsi sebagai bengkel kapal.

Tahun 1911, pemerintah Belanda menjadikan pulau ini sebagai rumah sakit dan pusat karantina haji. Waktu itu rombongan calon haji yang mau ke Mekkah harus tinggal dulu di sini guna menyesuaikan diri dengan kehidupan laut karena zaman dulu mau kemana-mana harus naik kapal.

Setelah Indonesia merdeka, Pulau Onrust dijadikan Rumah Sakit Karantina bagi penderita penyakit menular dibawah pengawasan Departemen Kesehatan RI hingga awal 1960. Kemudian sejak 1960 sampai dengan 1965 dimanfaatkan untuk penampungan gelandangan dan pengemis serta latihan militer. Di tahun 1968 terjadi penjarahan besar-besaran di Pulau Onrust, sehingga bangunan-bangunan bersejarah tinggal puingnya saja.

Ada satu lagi cerita yang menarik di pulau ini, yaitu cerita seorang perempuan Belanda bernama Maria Van De Velde. Perempuan ini adalah putri seorang penguasa Pulau Onrust dan istri seorang perwira VOC. Ia meninggal pada usia 28 tahun akibat terserang penyakit. Makamnya masih terawat dan bisa dikunjungi.

Konon menurut orang-orang yang tinggal di sekitar pulau, sampai sekarang saja Maria sering main ayunan dengan gaun merah di antara pohon-pohon kering.

makam maria

inti artnya kalo gag slah
Jenazah Maria Van de Velde
Dimakamkan di sini
Yang patut masih dapat hidup
Bertahun-tahun
Seandainya Tuhan berkehendak
Tetapi ternyata, Jehova (Tuhan)
Telah menghalangi dia dengan kematian
Maria telah pergi,
Maria telah tiada!
Tetapi, tidak! Saya tarik kembali kata itu.
Sebagai yang diucapkan tanpa berpikir
Dan itu dapatlah
Karena ketergesa-gesaanku,
langsung dihukum!
Sekarang baru Maria hidup.
Sekarang ia hidup dengan Tuhannya
Lahir di Amsterdam
Pada anggal 29 Desember 1693
Wafat pada tanggal 19 November
Di Pulau Onrust tahun 1721



waktu w tanya nyokap tntang maria dia gag tau,tapi tntang pulau onrust dia tau cos pernah ksana ktanya sih dsna gag bsa mask nasi kgak2 mateng2 jadi mkan bubur aja.
trus yh gtu w krng lngkap dpat infrmasinya


nah gag tau dah mau mrinding,stay cool or ngbrit langsng



Tambah Gambar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

chord piano vierra rasa ini

tipe-tipe kepribadian manusia

Tipe Kolerik Tipe kolerik adalah juga tipe terbuka tetapi biasanya tingkat keterbukaannya lebih rendah daripada tipe Sanguin yang super terbuka. Orang Kolerik adalah juga orang yang aktif, semangat pekerja keras, ambisius, motivator bagi orang lain. Karena sifatnya yang berkemauan keras mandiri dan berpendidikan keras, orang kolerik cenderung keras kepala. Kompromi merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka kecuali kompromi

Change From Past to Future

sudah lama ga ngeblog ternyata saya. Ternyata sekarang saya adalah seorang mahasiswi dari Universitas Jember tepatnya fakultas ilmu sosial ilmu politik jurusan Sosiologi. kenapa masuk di sana, jangan ditanya. saya sudah bosan menjawabnya. change from past to future apakah sudah demikian? jawabannya sudah untuk lingkungan, tapi belum (menemukanya) untuk pribadi. saya sendiri tidak mengerti untuk apa saya di sini. haruskah saya mengerti itu?